Cara Membuat Jasmine Oil dari Bunga Melati

Advertisement
Salah satu produk pengolahan bunga melati adalah minyak melati atau Jasmine Oil. Cara pembuatan minyak melati atau jasmine oil bisa dilakukan sendiri dengan teknik yang cukup sederhana. Ada beberapa cara membuat jasmine oil seperti yang akan saya dijelaskan dalam artikel ini.

Sebelum masuk ke cara membuat minyak melati, ada baiknya kita kenali dahulu beberapa jenis jasmine oil atau minyak melati. Karena minyak ini juga terbagi dalam beberapa jenis yang akan menentukan kualitas masing masing. Diantaranya adalah:
  • Minyak melati istimewa, yakni minyak yang diekstraksi dari bunga melati dengan pelarut ether minyak bumi, sebagai bahan baku minyak wangi mutu tinggi.
  • Minyak melati biasa, yakni minyak yang diekstraksi dari bunga melati dengan pelarut benzole, sebagai bahan baku minyak wangi mutu  sedang.
  • Minyak pomade istimewa, yakni minyak yang diperoleh dengan teknik enfleurage bunga melati, sebagai bahan baku minyak rambut.
  • Minyak pomade biasa, yakni minyak yang diekstraksi dari bunga melati bekas enfleurage, sebagai pewangi teknis.

Cara Membuat Jasmine Oil dari Bunga Melati

Teknik enfleurage atau biasa disebut teknik olesan. Prinsip kerja ekstraksi bunga melati dengan teknik olesan adalah sebagai berikut:

  1. Oleskan lemak muri pada permukaan kaca tipis.
  2. Letakan bunga melati yang masih segar (baru petik) diatas permukaan kaca .
  3. Simpan kaca tipis bersama bunga melati dalam rak-rak penyimpanan yang terbuat dari plastik, kayu/logam tahan karat.
  4. Biarkan bunga melati selama 3-4 hari sampai bunga tersebut layu.
  5. Bunga melati yang telah layu segera dibuang untuk diganti dengan bunga-bunga baru/masih segar.
  6. Lakukan cara tadi secara berulang-ulang selama 2-3 bulan hingga lemak dipenuhi minyak wangi bunga melati.

Cara membuat minyak melati yang lain adalah dengan teknik ekstraksi. Teknik ekstraksi minyak melati dapat dilakukan dengan teknik tabung hampa. Cara membuat jasmine oil dengan teknik ekstraksi adalah sebagai berikut:

  1. Masukan bunga melati segar ke dalam tabung, kemudian alirkan bahan pelarut (alkohol, ether, chlorofrom, ecetone, lemak murni, ether minyak bumi) secara berkesinambungan.
  2. Salurkan cairan ekstrak yang mengandung bahan pelarut dan unsur-unsur bunga melati ke tabung hampa udara yang dipanaskan sekedarnya untuk menguapkan bahan pelarut. Uap pelarut diallirkan kembali ke kondensor agar menjadi cairan.
  3. Tambahkan ethanol ke dalam unsur bunga melati. Unsur bunga melati biasanya berupa lilin padat (concrete) yang masih mengandung zat pewarna, damar dan unsur lain yang tidak menguap.
  4. Campurkan minyak tadi dengan alkohol kemudian saring kembali untuk menghilangkan kandungan damar.
  5. Lakukan penyulingan absolut dengan menggunakan sthlene glycol penyinaran dengan sinar ultra violet untuk menghilangkan zat pewarna.
Jika Anda tertarik untuk membuat minyak melati sendiri, ada baiknya melakukan budidaya bunga melati dalam skala kecil yaitu bisa dengan menanam bunga melati di dalam pot dan diletakkan di taman rumah Anda. Banyak manfaat yang bisa dapat dari bunga melati, selain minyak melati kita juga biasa kenal teh melati yang juga salah satu produk dari tanaman melati. Cara menanam bunga melati di dalam pot sudah saya jabar dalam artikel sebelumnya dibagian lain blog ini.
Advertisement
Cara Membuat Jasmine Oil dari Bunga Melati | Raden Mas | 5