Potensi dan Nilai Bisnis Budidaya Bunga Melati

Pengembangan usaha budidaya bunga melati skala komersial mempunyai prospek bisnis yang menguntungkan dan peluang pasarnya cukup bagus. Setiap hari untuk keperluan tabur bunga saja dibutuhkan sekitar 1 ton bunga melati. Belum lagi kebutuhan akan sektor lain, mengingat begitu banyak manfaat bunga melati yang bisa didapat.

Pasar potensial bunga melati tidak hanya didalam negeri namun juga ke luar negri. Beberapa negara potensial untuk ekspor bunga melati adalah Jepang, Korea, Thailand, Taiwan dan Hongkong. Nilai bisnis bunga melati cukup tinggi dengan semakin berkembangnya kehidupan maju (modern). Bunga melati saat ini bisa dijadikan untuk bahan baku industri minyak wangi, kosmetik, pewangi, penyedap, cat, tinta, pestisida, pewangi sabun dan lain lain.

Potensi dan Nilai Bisnis Budidaya Bunga Melati
Meski peluang pasar bunga melati di dalam dan luar negeri cukup besar, produksi bunga melati Indonesia baru mampu memenuhi sedikit sekali dari kebutuhan melati pasar dunia. Fenomena ini menunjukan peluang yang perlu dimanfaatkan dengan baik di Indonesia karena potensi sumber daya lahan amat luas dan agroekologinya cocok untuk tani melati. Wilayah iklim di Indonesia sangat cocok untuk budidaya bunga melati.

Hasil studi yang pernah dilakukan oleh pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura di daerah setra produksi Bunga Melati di Tegal (Jawa Tengah) menunjukan  bahwa usaha budidaya tanaman melati sangat menguntungkan dan layak dikembangkan. Bagaimana dengan Anda? Dalam skala kecil, bunga melati bisa menjadi pengihas taman rumah Anda, bisa dengan menanam melati di pot.
Potensi dan Nilai Bisnis Budidaya Bunga Melati | Raden Mas | 5