Khasiat dan Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan

Khasiat Bunga Melati untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit
Bunga Melati mengandung zat antioksidan yang sudah terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Zat ini dapat menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan sehingga memperlambat proses penuaan dan membuat Anda terlihat awet muda. Jadi khasiat bunga melati untuk kecantikan bisa dibuktikan secara ilmiah dan bukan sekedar klenik.

Lalu bagaimana cara efektif memanfaatkan bunga melati untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah kalian?

Ada beberapa yang bisa dilakukan, diantaranya adalah dengan menjadikan bunga melati sebagai masker wajah. Sedangakan cara membuatnya adalah sebagai berikut.

Cara Membuat Bunga Melati


1. Siapkan kira-kira satu genggam bunga melati.
2. Kemudian tumbuk bunga melati hingga halus.
3. Tambahkan satu sendok madu dan minyak zaitun, kemudian aduk hingga merata.
4. Aplikasikan masker bunga melati ke wajah secara merata.
5. Tunggu hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air.
6. Lakukan perawatan masker bunga melati 2-3 kali seminggu.

Selain untuk sebagai masker, khasiat bunga melati juga bisa didapat melalui air rebusan bunga melati. Caranya dengan merebus bunga melati, kemudian setelah dingin, air rebusan tersebut digunakan untuk cuci muka.

Khasiat Bunga melati untuk Rambut


Bunga melati juga bisa digunakan untuk menguatkan rambut agar tidak mudah rontok. Kalian bisa membuat sendiri kondisioner dari bunga melati. Untuk bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  1. 1 genggam bunga melati
  2. 6 lembar daun mangkokan
  3. 2 pandan wangi
  4. 6 daun urang aring
  5. 10 gram kemiri
  6. 2 bunga mawar
  7. 1 cangkir minyak kelapa
  8. 50 ml minyak wijen
  9. Air secukupnya

Cara membuatnya adalah, bunga melati dan bahan-bahan lainnya ditumbuk hingga halus. Minyak kelapa dan minyak wijen dicampur dan panaskan. Semua bahan yang telah ditumbuk halus kemudian dicampur dan dipanaskan dengan api kecil selama 20 menit. Air rebusan disaring dan didinginkan. Sesudah dingin, oleskan di kulit kepala sambil dipijat-pijat. Lakukan ini sehari dua kali sebelum mandi.

Khasiat lainnya dari bunga melati adalah menjadikan bunga ini sebagai minuman atau teh melati. Dengan mengkonsumsi teh melati secara teratur diyakini dapat meningkatkan zat antioksidan di dalam tubuh. Selain itu juga teh melati memiliki berbagai khasiat seperti yang pernah saya jelaskan di Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, manfaat bunga melati untuk kecantikan mengalami proses modernisasi. Saat ini terdapat banyak produk kecantikan yang menawarkan ekstrak bunga melati. Produk tersebut bisa berupa sabun mandi, make-up, ataupun lotion wajah dan lain-lain yang kesemuanya menawarkar khasiat bunga melati.

Silahkan Baca Juga :

Cara Membuat Jasmine Oil dari Bunga Melati

Klasifikasi & Nama Latin Bunga Melati

Mengenal Ciri Ciri Bunga Melati - Ciri Umum & Khusus

Habitat Bunga Melati

Jenis Jenis Bunga Melati