Habitat Bunga Melati

Bunga melati memiliki lebih dari 200 spesies berbeda dan masing-masing memiliki habitat berbeda pula. Tanaman hias perdu yang satu ini hampir tersebar di seluruh dunia, terutama di Asia selatan sampai Indonesia. Akan tetapi secara umum habitat bunga melati adalah di daerah beriklim tropis.

bunga melati tumbuh subur di daerah tropis
Melati bisa tumbuh subur pada daerah dataran rendah hingga tempat dengan ketinggian 1.600 mdpl.  Maka tidak heran jika Indonesia merupakan salah satu daerah habitat bunga melati. Bunga ini banyak di budidayakan dan sangat terkenal di negara kita.

Budidaya tanaman bunga melati tidak lepas dari banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman ini. Manfaat bunga melati antara lain sebagi bahan pengobatan, kecantikan, hiasan sampai pada hal-hal berbau klenik.

Banyaknya khasiat tanaman melati sebagai bahan obat dan kecantikan karena kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Kandungan senyawa kimia yang terdapat pada bunga melati antara lain indol, benzyl, dan livalylacetaat.

Khasiat dan manfaat melati ini juga bisa didapat dari hampir semua bagian tanaman. Mulai dari akar, batang, daun hingga bunga.

Bunga melati di Indonesia sering menjadi hiasan pelengkap berbagai tradisi yang terdapat di berbagai daerah seperti dalam upacara perkawinan di jawa. Eratnya berbagai tradisi di nusantara yang berkaitan dengan bunga melati tidak terlepas dari habitat bunga melati itu sendiri.

Indonesia sebagai daerah dengan iklim tropis merupakan habitat yang disukai bunga ini. Bunga melati dapat tumbuh dengan mudah tanpa membutuhkan perawatan yang rumit dan berbunga sepanjang tahun.

Silahkan Baca Juga :

Cara Membuat Jasmine Oil dari Bunga Melati

Klasifikasi & Nama Latin Bunga Melati

Mengenal Ciri Ciri Bunga Melati - Ciri Umum & Khusus

Jenis Jenis Bunga Melati