10 Manfaat & Khasiat Bunga Melati untuk Obat Kesehatan

Advertisement
Bunga Melati atau dalam bahasa latin disebut Jasminum officinale merupakan tanaman hias bunga yang banyak diminati. Selain karena pesona dan keindahannya, bunga melati juga menebarkan aroma harum wangi sehingga biasa digunakan sebagai tanaman hias. Disamping itu, tanaman bunga yang satu ini ternyata juga menyimpan berbagai manfaat dan kegunaan. Beberapa manfaat bunga melati diantara sebagai bahan baku parfum, kosmetik bahkan obat-obatan herbal.

10 Manfaat Bunga Melati sebagai Obat Kesehatan
Manfaat bunga melati sebagai obat herbal sudah dikenal sejak lama. Di kawasan mediterania, melati merupakan bahan obat yang sudah sangat terkenal. Kandungan bahan kimia yang terdapat di bunga dan daun melati seperti benzyl, livalylacetaat, asetat benzilic, alkohol benzilic, linalcohol dan jasmon dipercaya memiliki khasiat dan manfaat mengobati bebera penyakit. Diantara manfaat bunga melati seperti tersebut di bawah ini:

Sejak zaman sejarah kuno, teh dan minyak melati dikenal sebagai afrodisiak alami yang sangat kuat sehingga obat herbal ini direkomendasikan untuk meningkatkan libido, kekuatan seksual, merangsang dorongan seksual, dan bahkan mungkin mengobati infertilitas baik pada pria dan wanita.

Manfaat Bunga Melati


  1. Bengkak akibat serangan lebah
    Bisa dilakukan dengan: ambil 1 genggam bunga melati, remas-remas sampai halus, kemudian tempelkan pada bagian yang tersengat lebah.
  2. Menghentikan ASI yang keluar berlebihan
    Bisa dilakukan dengan: ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
  3. Sakit mata
    Untuk penyakit mata ringan seperti mata merah atau belek karena iritasi, bisa diatasi dengan segenggam daun melati. Bisa dilakukan dengan: ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh.
  4. Demam dan sakit kepala
    Bisa dilakukan dengan: Ambil 1 genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Campur semua bahan, remas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air dalam rantang. Cara menggunakannya, air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.
  5. Demam berdarah
    Bisa dilakukan dengan: Rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air hingga menjadi 1 gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada penderita demam berdarah. Lakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.
  6. Radang Usus
    Bisa dilakukan dengan: Ambil satu genggam daun melati poncosuda (nama latin dari melati hutan atau melati gambir), rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring, minum 2 kali sehari.
  7. Menurunkan berat badan
    Bisa dilakukan dengan: Teh herbal seperti jasmine tea banyak dikonsumsi untuk membakar timbunan lemak dalam tubuh. Teh melati kaya akan antioksidan dan kafein terutama EGCG yang membantu penurunan berat badan.
  8. Pengontrol Kolesterol
    Manfaat lain dari teh melati yaitu kemampuannya untuk mengurangi asam lemak berbahaya seperti trigliserida, kolesterol jahat atau HDL, dan lipoprotiens. Dengan berkurangnya asam lemak berbahaya tersebut, risiko penyakit jantung pun bisa diminimalisir.
  9. Mengatur gula darah
    Teh melati bisa mengatur kadar gula darah dalam tubuh sehingga mencegah kemungkinan terjadinya diabetes. Maka, tak ada salahnya memasukkan teh melati dalam daftar menu diet Anda.
  10. Memperlambat penuaan
    Zat antioksidan yang terkandung dalam teh bunga melati sangat berguna bagi kesehatan kulit. Antioksidan ini juga dapat melindungi tubuh dari kerusakan kulit akibat radikal bebas dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Jika Anda ingin kulit tampak lebih muda, minumlah secangkir teh melati setiap hari. Resiko terkena kanker juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi teh ini.

Bunga melati juga dapat dimanfaatkan sebagai aroma terapi. Keharuman aroma teh melati memiliki efek penenang bagi saraf Anda yang sedang dalam keadaan tegang atau stres. Namun, yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi teh melati ini, pastikan Anda tidak minum lebih dari dua cangkir teh ini setiap harinya.

Selain itu masih ada lagi khasiat bunga melati yang juga dipercaya dan telah turun menurun dipraktekkan di beberapa daerah di Indonesia.

Khasiat Bunga Melati


  • Melati dianggap sangat efektif khususnya dalam mengatasi nyeri otot, sendi, dan sakit kepala.
  • Menambahkan minyak melati ke dalam campuran minyak esensial dapat mengobati gejala yang paling umum dari infeksi pernapasan.
  • Teh melati dikenal sebagai tonik alami yang dapat merangsang semua fungsi sistem tubuh utama dan organ.
  • Riset menunjukkan bahwa melati bisa menjadi alat detoksifikasi aman yang dapat digunakan oleh hampir semua orang untuk menghilangkan racun dan membersihkan tubuh.
  • Teh dan ekstrak melati dapat membantu dalam menurunkan berat badan lebih efektif.
  • Dalam aromaterapi, minyak bunga melati dapat sangat efektif untuk mengobati ketegangan saraf, apatis, kecemasan, dan gangguan saraf yang lebih serius.
  • Melati memiliki sifat antiseptik yang dapat direkomendasikan untuk mengobati segala macam infeksi kulit.
  • Melati adalah obat alami yang dapat digunakan untuk merangsang dan meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan.
  • Dapat dimanfaatkan untuk memerangi depresi dan efek negatif lain dari stres.

Dengan segala khasiat dan manfaat bunga melati diatas hanya sedikit saja yang mengetahuinya. Padahal beberapa resep diatas sudah diwariskan oleh nenek moyang kita secara turun temurun. Dan semoga dengan membaca kembali menfaat bunga melati diatas dapat menjadi pengetahuan baru untuk Anda semua.
Advertisement
10 Manfaat & Khasiat Bunga Melati untuk Obat Kesehatan | Raden Mas | 5