Cara Menanam & Merawat Bunga Melati di Pot

Bunga melati biasa dijumpai di perumahan sebagai tanaman hias karena tampilannya yang cantik dan menebarkan aroma harum. Bunga melati merupakan jenis tanaman dengan perawatan yang relatif mudah. Cara menanam dan merawat bunga melati sama seperti merawat jenis tanaman lain, hanya perlu kesabaran dan ketekunan.

Cara Menanam & Merawat Bunga Melati di Pot
Selain ditanam di taman untuk dinikmati keindahannya, bunga melati juga bisa sebagai pengharum ruangan rumah Anda. Cara mensiasatinya adalah dengan menanam bunga melati di dalam pot dan ditempatkan di dalam rumah.

Berikut adalah cara menanam bunga melati di dalam pot:

  1. Sebagai media tanam di pot letakkan pecahan genting atau bata merah sebagai dasaran. Daiatasnya beri media pasir + tanah + pupuk organik dengan rasio perbandingan 1:1:1
  2. Penuhi media tanam hingga sekitar 1/3 bagian pot
  3. Tanam bibit bunga melati dalam pot, tekan perlahan media tanam, kemudian tambah media hingga 2 cm dari atas pot.
  4. Sirami dengan air secukupnya.
  5. Untuk awal proses pertumbuhan, letakkan pot di tempat teduh hingga bunga melati dapat tumbuh daunnya.

Perawatan Bunga  Melati

Pada umur sekitar satu bulan setelah tanam, bunga melati di dalam pot sering ditumbuhi rumput-rumput liar (gulma). Bersihkan rumput rumput liar tersebut. Pada fase awal pertumbuhan, media tanam melati membutuhkan ketersediaan air yang cukup. Pengairan perlu dilakukan secara teratur tiap hari sampai tanaman berumur kurang lebih 1 bulan.

Pengairan dilakukan 1-2 kali sehari yakni pada pagi dan sore hari. Namun jangan berlebihan. Untuk menjaga kesuburan, lakukan pemupukan. Bisa menggunakan pupuk organik maupun kimia. Waktu pemupukan adalah sebelum melakukan pemangkasan, sebelum berbunga atau saat sesudah bunga dipetik.

Pada umumnya bunga melati tumbuh menjalar, kecuali pada beberapa tertentu. Maka perlu dilakukan pemangkasan agar pertumbuhan tanaman tetap terjaga. Potong tangkai tangkai yang tumbuh tidak beraturan sehingga serasi dengan ukuran pot.

Fungsi lain dari pemangkasan ini juga adalah sebagai perangsang agar tanaman melati cepat berbunga.

Semoga penjelasan singkat tentang cara menanam bunga melati diatas dapat membantu Anda yang tertarik dan ingin memelihara tanaman bunga ini di dalam rumahnya. Karena memang manfaat bunga melati sangat banyak sekali, terutama untuk kesehatan. Sekian.

Silahkan Baca Juga :

Cara Membuat Jasmine Oil dari Bunga Melati

Klasifikasi & Nama Latin Bunga Melati

Mengenal Ciri Ciri Bunga Melati - Ciri Umum & Khusus

Habitat Bunga Melati

Jenis Jenis Bunga Melati