Khasiat & Manfaat Bunga Melati Putih

Khasiat dan manfaat bunga melati putih sangat menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Bunga melati selama ini banyak dikenal orang sebagai tanaman hias yang mempercantik halaman rumah. Warnanya yang putih bersih sungguh menyenangkan dan menyejukkan mata yang memandang. Ditambah bau harum yang khas dari kandungan minyak atsirinya, dapat membuat rileks syaraf-syaraf yang tegang akibat rutinitas yang sudah dilakukan seharian. Selain yang sudah disebutkan tersebut, masih ada setumpuk khasiat dan manfaat bunga melati putih bagi tubuh kita.

Khasiat & Manfaat Bunga Melati Putih

Berikut kami jelaskan beberapa khasiat & manfaat bunga melati putih diantaranya bagi Anda:

Meringankan asma

Penyakit asma biasanya merupakan penyakit turunan, namun bisa juga disebabkan kebiasaaan hidup yang tidak sehat. Asma biasanya kambuh jika penderitanya kelelahan,  terpapar debu jalanan, menghirup asap kendaraan bermotor yang sudah melewati ambang batas normal dan lain-lain. Anda bisa meringankan beratnya penyakit asma tersebut lewat khasiat bunga melati putih. Namun untuk penyakit asma, bagian tanaman yang paling manjur adalah daunnya. Ambil beberapa lembar daun bunga ini lalu rebus dalam air kira-kira 2 atau 3 gelas lalu minum air rebusan tersebut selayaknya minum teh.

Meminimalkan produksi ASI berlebih

ASI adalah anugerah yang sangat bernilai bagi ibu dan anak. Dengan ASI, nutrisi anak yang belum bisa mengkonsumsi makanan lain dapat tercukupi. Namun produksi ASI yang berlebih dapat merepotkan sang ibu. ASI dapat keluar tanpa bisa dikontrol oleh syaraf sadar ibu sehingga baju yang dipakai akan basah oleh ASI tersebut. Bayangkan jika sang ibu sedang berada di luar rumah menghadiri acara tertentu, tentu hal ini akan mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan. Untuk mencegahnya, haluskan kuntum bunga melati putih lalu tempelkan di sekitar payudara. Lakukan hal ini secara rutin sebelum mandi niscaya Anda akan merasakan khasiat bunga melati dalam meminimalkan produksi ASI.

Menurunkan demam

Lebih lanjut dari manfaat bunga melati putih adalah dapat menurunkan demam. Demam sering menyerang terutama pada balita. Jika hal ini terjadi ketika di rumah Anda kebetulan tidak tersedia paracetamol dan justru yang tersedia adalah tanaman bunga melati putih, maka segera ambil daun dan bunga tanaman tersebut kemudian remas-remas dan rendam pada air hangat. Kompreskan ramuan ini pada si buah hati yang sedang menderita demam hingga demamnya turun.

Itulah beberapa khasiat bunga melati putih untuk tubuh. Begitu banyak manfaat yang bisa kita ambil dari sekuntum bunga putih nan harum tersebut. Sungguh segala sesuatu diciptakan oleh sang Pencipta bukanlah dengan sia-sia.

Silahkan Baca Juga :

Cara Membuat Jasmine Oil dari Bunga Melati

Klasifikasi & Nama Latin Bunga Melati

Mengenal Ciri Ciri Bunga Melati - Ciri Umum & Khusus

Habitat Bunga Melati

Jenis Jenis Bunga Melati