Khasiat & Manfaat Bunga Melati Untuk Kecantikan Wajah

Khasiat bunga melati untuk kecantikan wajah sudah banyak dikenal dari dulu. Orang-orang zaman dahulu sudah mengenal berbagai khasiat kandungan bermanfaat pada berbagai tanaman. Kandungan zat-zat bermanfaat tersebut digunakan baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan wajah.

Wajah merupakan bagian tubuh yang paling banyak diperhatikan orang dan paling penting dijaga kemulusannya. Bukan hanya bagi kaum wanita, kaum lelaki pun banyak yang memberi perhatian lebih terhadap kesehatan dan kebersihan wajah terutama dari gangguan jerawat. Jerawat memang merupakan problem kulit wajah utama yang dihadapi banyak orang.

Jika kalian mengalami masalah kulit wajah yang sama maka wajib membaca uraian tentang khasiat dan manfaat bunga melati untuk wajah berikut ini.

Khasiat & Manfaat Bunga Melati Untuk Kecantikan Wajah
Penyebab utama wajah jerawat adalah bakteri yang berkembang memakan sisa-sisa kulit mati yang bercampur minyak, debu serta kotoran di wajah. Khasiat bunga melati untuk wajah berjerawat yaitu dengan membunuh bakteri penyebab jerawat tersebut karena bunga melati memiliki kandungan anti bakteri.

Disamping itu, bunga melati juga berkhasiat menolak radikal bebas sehingga mampu menghindarkan seseorang dari penuaan dini. Bunga melati juga mengandung minyak atsiri yang menyebabkannya berbau harum sehingga akan merasa rileks ketika melakukan terapi pembersihan kulit wajah dengan bunga melati.

Khasiat bunga melati untuk mengobati wajah berjerawat akan didapatkan dengan cara mencuci wajah dengan ekstrak bunga ini. Ekstrak bunga melati dapat diperoleh dengan cara merebus ataupun menumbuk. Untuk cara yang pertama, petiklah segenggam kecil bunga melati yang sudah mekar lalu cuci bersih untuk menghilangkan debu yang menempel.

Setelah itu tuangkan setengah gelas air ke dalam panci dan masukan bunga lalu rebus sampai mendidih. Dinginkan air melati tersebut dan basuhlah muka dengannya.

Untuk cara yang kedua, Ambillah segenggam bunga melati lalu tumbuk menggunakan alu pada mortar atau tempat tumbuk lainnya yang bersih. Setelah halus, oleskan pada wajah sebagai masker, diamkan 5-10 menit lalu cuci dengan air hangat. Anda bisa menambahkan madu atau minyak zaitun pada bunga melati yang telah halus tadi sebagai perekat.

Namun janganlah melupakan kunci utama dari pengobatan herbal adalah kerutinan dan jangan pernah bosan.

Khasiat bunga melati tidak bisa didapatkan secara instan tapi perlu ketekunan dalam prosesnya. Jadi rajin-rajinlah membasuh muka dan bermasker dengan ekstrak bunga melati jika ingin mendapatkan wajah yang bersih bebas jerawat.

Silahkan Baca Juga :

Cara Membuat Jasmine Oil dari Bunga Melati

Klasifikasi & Nama Latin Bunga Melati

Mengenal Ciri Ciri Bunga Melati - Ciri Umum & Khusus

Habitat Bunga Melati

Jenis Jenis Bunga Melati